5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Dapet Orderan, Khusus Seller Pemula
Sekarang jual beli udah memasuki zaman modern.. sehingga nggak heran jika banyak sekali tranksaksi jual beli dilakukan dalam bentuk online. Banyak sekali orang berdagang hanya memanfaatkan smartphone dan bermodal koneksi internet. Selain praktis dan nggak perlu sewa ruko jual beli online juga lebih hemat waktu.
Nah mungkin bagi teman-teman yang baru terjun bebas ke dunia jual beli secara online dan kalian menjadi seller apa apa sajakah yang musti kalian lakukan ketika mendapat sebuah pesanan, atau ada orderan. Sebelum Bang Sastro ngebahas lebih dalam lagi.. tips ini sekali lagi buat temen-temen yang baru melakoni usaha jualan secara online, jadi kalau kalian adalah pemain lama tips dari Bang Sastro yang satu ini bisa kalian abaikan..
Pasti rasanya senang sekali ketika ada orang mau order barang dagangan kita. Soalnya Bang Sastro juga pernah ngalamin masa-masa open shop. Hehehe..
1. Pastikan kalian tau ongkos kirimnya
Ini hal yang paling penting nih sob, sebagaimana dalam berjualan secara online pembayaran ongkos kirim ditimpakan kepada buyer atau pembeli. Nah kalian juga harus memberikan informasi terperinci dan detail mengenai harga barang + ongkos kirim. Caranya gimana sih Bang? Pertama kalian mau kirim pakai jasa pengiriman apa dulu nih? kalau sudah ditentukan kita tinggal cek aja di website resminya. Seperti J&T, JNE, Pos Indonesia dll. Kalau mau yang lebih simpel lagi kalian bisa pakai aplikasi andorid, yaitu rajaongkir. Ukuranya kecil dan ini recommended. Atau mau akses web, kalian bisa cek di berdu.id.
Tapi bagi kalian yang berjualan lewat marketplace besar seperti bukalapak dan tokopedia kalian nggak perlu cek ongkir dulu sob. Soalnya mereka udah ada fitur estimasti ongkir. Tinggal kita masukin kota tempat kita tinggal di profil maka nanti kalau ada orang yang membeli barang kita secara otomatis sistem akan menghitungnya..
2. Packing barang dengan rapih, baik & benar
Meskipun cuma masalah packing kadang si buyer juga memperhatikan detailnya, karena packing sendiri juga akan mempengaruhi keamanan barang yang sedang kita kirim. Nah untuk masalah packing sendiri Bang Sastro saranin packinglah dengan plastik terlebih dahulu, pastikan semua rapat.. kemudian bungkus lagi pakai kertas/ koran, terus dikasih plastik lagi. Kenapa kok musti dobel dobel sih bang? ini buat keamanan saja sob. Nah, kalau perlu kita bisa tambahin bubble warp dan kardus untuk finishing sedangkan kalau barang yang kita kirim adalah barang elektronik maka disarankan untuk packing kayu. Soalnya jasa pengiriman enggak mau nerima barang elektronik kalau nggak dipacking kayu #Biasanya.
3. Segera kirim barang pesanan
Ketika ada orderan sesegera mungkin kalian proses dan kirim, selain masalah amanah dan tanggung jawab kita kan juga nggak tau kalau buyer nungguin barang kita dan mengidam idamkan barang cepat sampai untuk segera digunakan. Nah, maka dari itu kalau kita pengen dapet good feedback kita juga musti sigap dalam pengiriman barang pesanan.
4. Input Resi
Setelah kita mengirim barang, pasti kita akan dapet selembaran kertas dari jasa pengiriman barang. Disitu biasanya ada barcode dan bawahnya ada beberapa angka/ abjad. Nah, silahkan kita input resinya segera ketika mendapatkan selembaran kertasnya. Kalau kita jualanya nggak di marketplace besar maka kewajiban kita adalah memberikan resi tersebut kepada buyer, entah lewat SMS, WA, email, dan lain sebagainya.. biar dia bisa pantau barangnya udah sampai mana.
5. Apabila ada komplain atau sejumlit pertanyaan tanggapilah selalu
Nggak heran memang.. dalam jualan online kita sering di wawancarai layaknya seorang narasumber.. Ngga papa sob, tugas kita adalah tetap meladeni dan menjawab sejujur jujurnya dari pertanyaan si buyer. Entah dia nantinya jadi beli atau enggak itu sudah bab rejeki. Kalau rejeki mah nggak kemana, pasti sampai ke tangan kita.. ya nggak sob..?? Hehehe..
Nah, itu dia sob beberapa tips dari Bang Sastro bagi kalian yang baru saja berkecimpung dalam bisnis jualan online. Semoga dengan kejujuran dan tanggung jawab yang kita tanamakan dalam hati akan mempermudah kita semua dalam ikhtiar menjemput rejeki..
Nah mungkin bagi teman-teman yang baru terjun bebas ke dunia jual beli secara online dan kalian menjadi seller apa apa sajakah yang musti kalian lakukan ketika mendapat sebuah pesanan, atau ada orderan. Sebelum Bang Sastro ngebahas lebih dalam lagi.. tips ini sekali lagi buat temen-temen yang baru melakoni usaha jualan secara online, jadi kalau kalian adalah pemain lama tips dari Bang Sastro yang satu ini bisa kalian abaikan..
Pasti rasanya senang sekali ketika ada orang mau order barang dagangan kita. Soalnya Bang Sastro juga pernah ngalamin masa-masa open shop. Hehehe..
1. Pastikan kalian tau ongkos kirimnya
Ini hal yang paling penting nih sob, sebagaimana dalam berjualan secara online pembayaran ongkos kirim ditimpakan kepada buyer atau pembeli. Nah kalian juga harus memberikan informasi terperinci dan detail mengenai harga barang + ongkos kirim. Caranya gimana sih Bang? Pertama kalian mau kirim pakai jasa pengiriman apa dulu nih? kalau sudah ditentukan kita tinggal cek aja di website resminya. Seperti J&T, JNE, Pos Indonesia dll. Kalau mau yang lebih simpel lagi kalian bisa pakai aplikasi andorid, yaitu rajaongkir. Ukuranya kecil dan ini recommended. Atau mau akses web, kalian bisa cek di berdu.id.
Tapi bagi kalian yang berjualan lewat marketplace besar seperti bukalapak dan tokopedia kalian nggak perlu cek ongkir dulu sob. Soalnya mereka udah ada fitur estimasti ongkir. Tinggal kita masukin kota tempat kita tinggal di profil maka nanti kalau ada orang yang membeli barang kita secara otomatis sistem akan menghitungnya..
2. Packing barang dengan rapih, baik & benar
Meskipun cuma masalah packing kadang si buyer juga memperhatikan detailnya, karena packing sendiri juga akan mempengaruhi keamanan barang yang sedang kita kirim. Nah untuk masalah packing sendiri Bang Sastro saranin packinglah dengan plastik terlebih dahulu, pastikan semua rapat.. kemudian bungkus lagi pakai kertas/ koran, terus dikasih plastik lagi. Kenapa kok musti dobel dobel sih bang? ini buat keamanan saja sob. Nah, kalau perlu kita bisa tambahin bubble warp dan kardus untuk finishing sedangkan kalau barang yang kita kirim adalah barang elektronik maka disarankan untuk packing kayu. Soalnya jasa pengiriman enggak mau nerima barang elektronik kalau nggak dipacking kayu #Biasanya.
3. Segera kirim barang pesanan
Ketika ada orderan sesegera mungkin kalian proses dan kirim, selain masalah amanah dan tanggung jawab kita kan juga nggak tau kalau buyer nungguin barang kita dan mengidam idamkan barang cepat sampai untuk segera digunakan. Nah, maka dari itu kalau kita pengen dapet good feedback kita juga musti sigap dalam pengiriman barang pesanan.
4. Input Resi
Setelah kita mengirim barang, pasti kita akan dapet selembaran kertas dari jasa pengiriman barang. Disitu biasanya ada barcode dan bawahnya ada beberapa angka/ abjad. Nah, silahkan kita input resinya segera ketika mendapatkan selembaran kertasnya. Kalau kita jualanya nggak di marketplace besar maka kewajiban kita adalah memberikan resi tersebut kepada buyer, entah lewat SMS, WA, email, dan lain sebagainya.. biar dia bisa pantau barangnya udah sampai mana.
5. Apabila ada komplain atau sejumlit pertanyaan tanggapilah selalu
Nggak heran memang.. dalam jualan online kita sering di wawancarai layaknya seorang narasumber.. Ngga papa sob, tugas kita adalah tetap meladeni dan menjawab sejujur jujurnya dari pertanyaan si buyer. Entah dia nantinya jadi beli atau enggak itu sudah bab rejeki. Kalau rejeki mah nggak kemana, pasti sampai ke tangan kita.. ya nggak sob..?? Hehehe..
Nah, itu dia sob beberapa tips dari Bang Sastro bagi kalian yang baru saja berkecimpung dalam bisnis jualan online. Semoga dengan kejujuran dan tanggung jawab yang kita tanamakan dalam hati akan mempermudah kita semua dalam ikhtiar menjemput rejeki..
Post a Comment